7 Rekomendasi Anime Jepang Yang Wajib Ditonton

By | February 2, 2024

Puspresnas – Anime Jepang, lebih dari sekadar animasi dan merupakan sebuah fenomena budaya global yang digemari berbagai kalangan, Dari anak-anak hingga orang dewasa. Dengan karakter unik, cerita menarik, dan animasi memukau, anime berhasil memikat hati jutaan orang di seluruh dunia.

Lebih dari sekadar hiburan, anime jepang juga dapat menjadi media edukasi dan inspirasi. Cerita yang dikemas dengan animasi yang menarik dan penuh warna dapat membantu anak-anak belajar tentang berbagai hal, seperti nilai moral, pengetahuan umum, dan bahkan sejarah.

Sejarah Singkat Anime

Akar anime dapat ditelusuri kembali ke awal abad ke-20, dengan karya animasi pendek seperti “Katsudo Shashin” (1907) dan “Imokawa Mukuzo Genkanban no Maki” (1917). Seiring perkembangan teknologi dan pengaruh budaya Barat, anime mulai berkembang pesat pada tahun 1960-an dengan munculnya karya-karya ikonik seperti “Astro Boy” (1963) dan “Tetsujin 28-go” (1963).

Perang Dunia II turut mempengaruhi perkembangan anime. Beberapa anime dibuat sebagai propaganda pemerintah. Namun, setelah perang usai, industri anime Jepang mengalami kebangkitan. Muncullah sosok penting bernama Osamu Tezuka, “Godfather of Manga,” yang karyanya seperti “Astro Boy” (Tetsuwan Atomu) menjadi serial anime televisi pertama pada 1963. Keberhasilan Astro Boy membuka jalan bagi perkembangan anime selanjutnya.

Karakteristik Anime Jepang

Anime jepang memiliki ciri khas visual yang membedakannya dari animasi Barat. Gaya gambar anime jepang umumnya lebih ekspresif dan bergaya, dengan proporsi tubuh yang tidak realistis dan mata yang besar. Anime juga terkenal dengan penggunaan warna yang berani dan cerah.

Anime jepang menawarkan berbagai genre yang dapat dinikmati oleh semua orang. Dari aksi dan petualangan yang mendebarkan seperti “Attack on Titan” dan “Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba”, hingga romansa yang menghangatkan hati seperti “Your Name” dan “Weathering With You”, hingga komedi yang lucu seperti “Gintama” dan “Kaguya-sama: Love is War”, terdapat anime untuk setiap selera.

Rekomendasi Anime Jepang

Anime Jepang menawarkan berbagai macam genre dan cerita menarik yang dapat dinikmati oleh semua orang. Baik kamu menyukai aksi, petualangan, romansa, komedi, atau genre lainnya, pasti ada anime yang cocok untukmu.

Berikut adalah 7 rekomendasi anime Jepang untuk ditonton:

1. One Peace

One Piece, sebuah anime legendaris yang telah menemani banyak orang selama lebih dari dua dekade. Anime ini bukan hanya menyuguhkan petualangan bajak laut yang seru, tetapi juga kisah persahabatan, pengorbanan, dan pencarian jati diri yang menyentuh hati. Mari kita berlayar bersama Luffy dan kru Topi Jerami untuk melihat lebih dalam apa yang membuat One Piece begitu istimewa.

2. Naruto Shippuden

Naruto Shippuden adalah anime yang diadaptasi dari bagian kedua manga Naruto karya Masashi Kishimoto. Anime ini menceritakan kisah Naruto Uzumaki, seorang ninja muda yang bercita-cita menjadi Hokage, pemimpin desa Konohagakure.

3. Boruto: Naruto Next Generation

Boruto: Naruto Next Generations adalah sebuah serial animasi yang merupakan sekuel dari Naruto Shippuden, menceritakan kisah generasi ninja berikutnya di Konohagakure. Anime ini berfokus pada Boruto Uzumaki, putra Naruto Uzumaki, Hokage Ketujuh, dan teman-temannya saat mereka belajar di Akademi Ninja dan memulai perjalanan mereka sebagai ninja.

4. Doraemon

Doraemon, sebuah nama yang tak asing bagi banyak orang, baik tua maupun muda. Anime legendaris ini telah menemani masa kecil banyak generasi dan terus dicintai hingga saat ini. Diciptakan oleh Fujiko F. Fujio, Doraemon menceritakan kisah persahabatan yang mengharukan antara Nobita Nobi, seorang anak laki-laki pemalas dan sering gagal, dengan Doraemon, seekor kucing robot dari abad ke-22. Doraemon datang ke masa lalu untuk membantu Nobita agar dapat mencapai masa depan yang lebih cerah.

5. Spy x Family

Dunia anime dipenuhi dengan kisah aksi menegangkan, komedi ringan, dan keluarga unik. Spy x Family berhasil merangkum ketiganya dengan apik, menghadirkan cerita mata-mata berbalut kelucuan dan kehangatan keluarga. Loid Forger, seorang mata-mata ulung bernama Twilight, ditugaskan untuk menyusup ke lingkungan politik Westalis. Untuk melancarkan misinya, ia harus “membangun keluarga” instan. Tanpa disangka, wanita yang ia nikahi, Yor Forger, ternyata seorang pembunuh bayaran ulung berjuluk “Thorn Princess”. Sementara anak angkat mereka, Anya, memiliki kemampuan telepati yang ia rahasiakan. Alhasil, keluarga Forger yang terlihat normal sebenarnya menyimpan rahasia besar masing-masing.

6. Captain Tsubasa

Captain Tsubasa, sebuah anime legendaris yang telah menginspirasi jutaan orang di seluruh dunia untuk mencintai sepak bola. Dibuat oleh Yoichi Takahashi, anime ini menceritakan kisah Tsubasa Ozora, seorang anak laki-laki yang bercita-cita menjadi pemain sepak bola terbaik di dunia. Anime ini mengikuti perjalanan Tsubasa sejak kecil, saat dia masih bermain di tim Nankatsu Elementary School. Dengan tekad dan semangatnya yang pantang menyerah, Tsubasa membawa timnya meraih kemenangan demi kemenangan. Dia bahkan berhasil mengalahkan tim-tim kuat dari seluruh Jepang.

7. Dragon Ball

Dragon Ball merupakan salah satu anime paling ikonik dan berpengaruh sepanjang masa. Dibuat oleh Akira Toriyama, anime ini telah memikat hati jutaan penggemar di seluruh dunia dengan ceritanya yang penuh aksi, karakter yang menarik, dan pesan moral yang kuat. Dragon Ball mengikuti petualangan Goku, seorang alien yang memiliki kekuatan luar biasa. Sejak kecil, Goku berlatih keras untuk menjadi lebih kuat dan melindungi Bumi dari berbagai ancaman. Dalam perjalanannya, Goku bertemu dengan banyak teman dan musuh, dan terlibat dalam berbagai pertempuran epik.

Anime Jepang telah memberikan pengaruh besar pada budaya populer di seluruh dunia. Cosplay, fan art, dan komunitas online menjadi bukti kuat dedikasi para penggemar anime. Selain itu, industri anime juga memberikan kontribusi signifikan bagi ekonomi Jepang, dengan nilai ekspor yang mencapai triliunan rupiah setiap tahunnya.

Kesimpulan

Anime Jepang bukan sekadar hiburan, tetapi juga sebuah bentuk seni dan budaya yang kaya. Dengan keanekaragaman genre, tema, dan pengaruhnya yang luas, anime akan terus memikat hati para penggemarnya di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *